Rumah Turi Solo ( Building Metabolism )

Rumah Turi Solo ( Building Metabolism )

  • By Admin
  • 2017-05-31 09:40:30

Deskripsi

Awalnya rumah Turi merupakan rumah tinggal keluarga dengan tata ruang berupa bangunan induk seperti pendapa (semi public), kebun dan sumur, bagian dalam untuk kamar tidur utama dan gadhok untuk kamar tidur anak. Namun seiring perkembangannya rumah tinggal tersebut mengalami perubahan dan dikonsep menjadi sebuah hotel. Rumah Turi diresmikan tahun 2008 dan dirancang oleh pemiliknya sendiri, Paulus Mintarga, dengan konsep yang terinspirasi dari perkampungan di Jepang yang dikenal memiliki suasana yang sederhana dan selaras dengan alam. Dari situlah muncul konsep dasar arsitektur Rumah Turi dengan tampilan sederhana sebagai sebuah hotel yang ingin memberikan nuansa  “rumah”  bagi para tamunya dengan mengusung aspek keramahan dan kekeluargaan.

Building Metabolisme

1.SistemPencahayaan

1.1PencahayaanAlami

RumahTuri menggunakan pencahayaan alami sebagai yang utama. Bangunan ini mempunyai konsep yang terbuka untuk masuknya sinar matahari dan didukung penggunaan inner court. Pada siang hari pencahayaan alami sudah mampu menutupi penggunaan pencahayaan buatan untuk kesuluruhan ruangan.

 

1.2 PencahayaanBuatan

Upaya penghematan energi terkait pencahayaan yang dilakukan di Rumah Turi adalah dengan menggunakan lampu LED pada seluruh titik lampu. Penggunaan lampu LED dapat menghemat penggunaan daya listrik hingga 90% (“PLN” par. 3).

Pencahayaan buatan yang ada di Rumah Turi hanya digunakan di malam hari sebagai bantuan penerangan.

2.SistemPenghawaan

Konsep penghaawan yang diaplikasikan di Rumah Turi diaplikasikan sesuai dengan konsep terbuka. Pengaplikasian bukan jendela dan bukan mati memungkinkan terjadinya cross-ventilation.

Sanitasi Air

Rumah Turi menggunakan sumber air mandiri yang berasal dari sumur bor dan air hujan. Sumur bor merupakan sumber air bersih utama yang digunakan untuk air minum, memasak, dan air mandi. Air hujan ditampung dalam sumur resapan bersama dengan air limbah untuk diolah kembali.Air dari sumur resapan digunakan untuk flush toilet, hujan buatan, dan menyiram tanaman.

Sistem  pengolahan air limbah berupa pengolahan blackwater (air pembuangan dari toilet dan sink yang mengandung bahan-bahan organik) dan greywater (sisa pembuangan air darilavatories, shower, bathtub, dan sink yang tidak digunakan untuk menyiapkan makanan). Blackwater dialirkan keseptic tankbiofil yang mempunyai sistem disinfektan berupa mikroba yang dapat menguraikan kotoran.Air dari septic tank kemudian dialirkan kesumur resapan bercampur dengan greywater dan resapan air hujan.Di dalam sumur resapan air. Di filter menggunakan tanaman akar wangi dan kemudian di aerasikan mengunakan air terjun pada kolam ikan dan kemudian masuk kebak air bekas. Dari situ air bekas yang sudah bersih ditarik keatas dan ditampung kedalam tangki air untuk pemakaian flush toilet, penyiraman tanaman, dan hujan buatan.

3.PenghematanEnergi

a.Solar Water Heater

Kalau biasanya kita melihat water-heating pengganti, maka di Rumah Turi juga membuat hal yang berbeda. Bangunan ini menggunakan panel kolektor yang menyerap panas matahari yang kemudian air yang sudah masuk kedalam tanki penyimpanan yang mampu menahan penurunan panas dan disalurkan apabila dibutuhkan.

b.Tandon Air

Tendon air pada RumahTuri terletak di tower Tank yang cukuptinggi. Sebelum dialirkan, air ditampung di Tandon Atas. Air turun dibantu dengan gaya gravitasi sehingga tak perlu pompa tambahan yang berarti mengurangi pemakaian listrik.

c.IC Card dan Energy Saving Switch

Rumah Turi menerapkan sistem Integrated Circuit (IC) Card danEnergy Saving Switch untuk sistem pengaktifasian listrik.IC Card harus dimasukkan kedalam Energy Saving Switch agar mengaktifkan aliran listrik.Dengan adanya sistem ini dapat menghemat pemakaian energi listrik karena apabila pengunjung akan keluar dari kamar maka IC Card harus dikeluarkan dari Energy SavingSwitch yang akan membuat power supply mematikan listrik dalam 15 detik.

 

 

Sumber : http://documents.tips/documents/rumah-turi-solo.html

 Penulis : rochadi-mahalalita

 

 

Related Post

Call Us

62 271 736606

go