Rumah Turi Eco Boutique Hotel, The First Eco Hotel in Solo

  • By Admin
  • 2017-06-21 11:21:06
 

4061883_3_b

entrance

I love Solo, kalo disuruh tinggal disini saya mau deh, kotanya tenang dan rapih. Ga crowded macam ibukota – makanannya enak-enak lagi *teteeeup . selain Jogja dan Dieng – Wonosobo, Solo bisa deh ini jadi kota masa tua (maksudnya kalo punya duit tuanya dimari aja gituuu – boleh lah ngayal babu)

Jadi menginap dimana kita di Solo? Temen yang kerja di bidang travel gitu nyaranin buat nginep di Rumah Turi Eco Boutique Hotel. Hotel yang mengklaim dirinya sebagai Eco Hotel pertama di Solo ini lokasinya ga terlalu jauh dari pusat kota (siiip!) tapi sayang agak ga gps friendly lokasinya hahahah. Buat yang datang kesini naik kendaraan umum macam taksi, bilang aja deh hotelnya deket Mall Solo Paragon.

Pertama sampai ke Rumah Turi, yesss saya suka ambiencenya. Seger, banyak tanaman di sekelilingnya yang memang di desain untuk menjadikan Rumah Turi lebih teduh, suara gemericik air turun di salah satu sisi hotel menambah suasananya jadi lebih ‘alam’. Di tengah bangunan terdapat rangkaian besi membentuk panggung, di hari-hari tertentu sesuai dengan agenda, Rumah Turi biasa mengadakan beberapa pertunjukan seperi tarian atau gamelan.

Processed with VSCOcam with c1 preset

Processed with VSCOcam with c1 preset

panggung pertunjukan

 class=

panggung pertunjukan, tampak atas

Processed with VSCOcam with f2 preset

Selesai cek-in, kami segera diantar menuju kamar.  Kamar-kamar di Rumah Turi mereka namai dengan nama-nama rempah (*eh atau bunga?) seperti Sereh (Standard Room) sebanyak 8 kamar, Wuni (Superior Room) sebanyak 8 kamar, dan Kemuning (Deluxe Room) sebanyak 2 kamar. Kama
ya lega, dengan jendela besar, ditambah wangi aromatherapy yang langsung menyeruak begitu kamar dibuka.  Kamar berisi satu double bed – yang memanggil untuk segera ditiduri -, flat tv with more than 20 channels, air conditioner, kulkas, compact wardrobe, meja kerja, mini bar  dan electric kettle. Juga tersedia slippers  dan majalah travel di tiap kamar. Bathroom with  hot/cold water, and toiletries yang lengkap dari mulai sabun hingga shower cap. Fyi, Rumah Turi ini mendaur ulang air hujan untuk mengisi toiletnya. Mereka juga menggunakan tanaman dan beberapa wewangian seperti aromatherapy untuk mengusir nyamuk (nyamuknya cukup banyak, karena banyak pepohonan) bukan dengan obat semprot yang dijual di pasaran. Sooo.. eco friendly!  Oh iya, mungkin akan lebih baik Rumah Turi membuat rumah burung  dan menyediakan makanan di dalamnya untuk memanggil burung-burung itu berdatangan, daripada meletakkan burung dalam sangkar. Kasihan..

Processed with VSCOcam with m5 preset

 4061883_12_b

 

 

 

 

 

Processed with VSCOcam with m5 preset

 

 

Di sudut depan lantai 2 hotel (bangunannya hanya 2 lantai saja) berjejer beberapa meja dan kursi yang (lagi-lagi) dikelilingi tanaman. Saran kami sih, jangan duduk disini saat malam, jadi santapan nyamuk nanti. Ketika malam menjelang, Rumah Turi menjadi sangat romantis. Penerangan yang telah didesain sedemikian rupa, gemericik air, dan sesekali suara serangga membuat kami merasa seperti menginap di alam bebas.

Urusan pelayanan, super love.. seperti banyak yang bilang, orang Solo ramah-ramah, te
yata tepat ga meleset, dari mulai concierge staff sampai cleaning service, menyapa dan bertanya apa yang dibutuhkan sampai menyarankan beberapa kuliner rekomendasi mereka di Solo yang te
yata setelah didatangi memang enaaaaak.

Sarapan tersedia pukul 6-10 a.m di restoran yang terletak di lantai 1, sesuai dengan konsepnya resto mereka dibiarkan terbuka lebar dengan jendela dan pintu yang besar-besar, tanpa ac pun dijamin ga akan kepanasan. Kebetulan ketika kami menginap sarapan disediakan secara a la carte, malam sebelumnya kami disuruh memilih menu yang akan mereka sajikan esoknya, Nasi Liwet Solo, Gudeg, atau Nasi Goreng. Nasi Liwet jadi pilihan kami, rasanya? endeuus, sayang kami tidak terlalu banyak mencicipi menu-menu lain di Resto mereka, kami sudah sibuk merencanakan wisata kuliner di beberapa tempat di Solo sih.. yang kami suka dari restonya adalah, mereka memajang banyaaaak buku dan boleh dibaca di resto, tidak untuk dibawa pulang hehehe.

Processed with VSCOcam with f2 preset

rak buku di resto

4061883_31_b

Jadi, tak ada salahnya menjadikan Rumah Turi Eco Boutique Hotel saat bepergian ke Solo. It offers you cozy rooms,  green environment, and tasty food!

Facilities               :

  • Wifi
  • Hot & Cold Water
  • Mini Bar
  • TV Cable
  • Breakfast
  • Airport Transfer
  • Free Parking

Rate                       : Rp.350.000Rp.800.000 *T&C

Rating                   : 5/5

Type                      : Boutique Hotel

RUMAH TURI ECO BOUTIQUE HOTEL

www.rumahturi.com

Jl.Srigading II No.12 Turisari, Solo, Jawa Tengah

62 271736606

sales@rumahturi.com

 

Sumber: https://bednbeyond.wordpress.com/2014/09/03/rumah-turi-eco-boutique-hotel-the-first-eco-hotel-in-solo/

Related Post

Call Us

62 271 736606

go